Setiap rencana bisnis memerlukan proposal untuk menjelaskan ide atau rencana bisnis secara rinci kepada pihak yang berkepentingan, seperti investor, klien potensial, atau rekan kerja. Proposal berfungsi untuk memberikan informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan tentang investasi, kerjasama, atau pendanaan. Proposal juga dapat digunakan untuk meyakinkan pihak yang berkepentingan bahwa bisnis tersebut layak dan dapat diandalkan.

Proposal bisnis dapat dibuat pada berbagai saat tergantung pada tujuan dan kebutuhan bisnis. Seperti misalnya, ketika kamu berencana memulai bisnis baru. Ketika seseorang atau kelompok ingin memulai bisnis baru, sehingga butuh proposal untuk dipresentasikan dalam rangka meyakinkan investor atau untuk mendanai Selain itu juga dapat dibuat ketika ingin memperluas bisnis. Bisa jadi kamu ingin menambah produk atau jasa baru atau memperluas ke pasar yang berbeda, proposal bisnis dapat digunakan untuk meyakinkan pembuat keputusan untuk mendanai ekspansi.

Proposal bisnis juga dapat diajukan ketika bisnis ingin bekerja sama dengan perusahaan lain atau individu, agar tertarik untuk bergabung dalam proyek dan bisa membantu pendanaan dana dari sumber eksternal ataupun untuk memperoleh kontrak baik itu kontrak dari pemerintah atau perusahaan besar.

Dalam semua kondisi diatas, proposal bisnis harus diperbarui secara berkala untuk mencerminkan perubahan dalam bisnis dan pasar. Proposal bisnis sebaiknya diserahkan kepada pihak yang sesuai dengan tujuan dan jenis bisnis yang akan dikembangkan. Proposal bisnis dapat dikerjakan oleh berbagai orang yang terkait dengan bisnis atau usaha yang dijalankan, tergantung pada tingkat keterlibatan mereka dalam proyek atau rencana bisnis. 

Proposal dapat dikerjakan oleh pemilik bisnis atau pemimpin tim, mereka yang memiliki visi dan rencana bisnis, serta akan bertanggung jawab untuk pelaksanaannya. Manajer atau supervisor, orang-orang yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan dan mengeksekusi rencana bisnis. Staf bisnis atau anggota tim, yang akan terlibat dalam pelaksanaan proyek atau rencana bisnis. Bahkan bisa juga diserahkan untuk dikerjakan oleh pihak yang lebih profesional seperti konsultan bisnis atau penulis proposal bisnis profesional, mereka dapat memberikan bantuan dalam menganalisis pasar dan proyeksi keuangan serta memiliki kemampuan dalam menulis dan membuat proposal bisnis yang efektif dan profesional.

Jika kamu telah mengetahui rencana bisnis kamu dan siap untuk mengerjakan proposal, maka ada beberapa hal yang dapat dimasukkan agar membuat proposal bisnis menjadi menarik, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

Identifikasi tujuan: pastikan kamu mengetahui tujuan dari proposal Anda dan siapa yang akan menerimanya.

Judul dan ringkasan eksekutif: memberikan gambaran singkat mengenai proposal bisnis, termasuk tujuan, produk atau jasa, dan target pasar.

Penelitian: melakukan riset untuk mengetahui kebutuhan pasar dan kompetitor.

Deskripsi produk atau jasa: jelaskan secara rinci produk atau jasa yang akan kamu tawarkan, termasuk sejarah, visi, misi, dan produk atau jasa manfaat dan keunggulan yang dimiliki.

Analisis pasar: penjelasan bagaimana kamu akan memasarkan produk atau jasa yang dibuat serta berapa banyak yang diharapkan dapat dihasilkan. Kemudian tunjukkan hasil riset pasar yang mendukung kelayakan bisnis, termasuk data demografi, tren pasar, dan kompetitor.

Struktur keuangan: berikan rincian tentang anggaran dan proyeksi keuangan. Memberikan perkiraan pendapatan dan biaya, termasuk proyeksi laba atau rugi, cash flow, dan neraca.

Rencana aksi: jelaskan bagaimana cara mengeksekusi rencana bisnis, dan siapa yang akan bertanggung jawab untuk setiap tugas.

Format yang profesional: Pastikan proposal terlihat profesional dan mudah dibaca.

Daftar referensi: memberikan daftar sumber yang digunakan dalam penelitian dan pembuatan proposal bisnis.

Lampiran: berupa dokumen pendukung yang dapat diperlukan seperti laporan keuangan, studi kelayakan, dan lainnya.

Review dan revisi: pastikan untuk melakukan review dan merevisi proposal sebelum mengirimkan kepada pihak yang berkepentingan.

Ingin mampu membuat proposal bisnis? Punya ide untuk mengembangkan bisnis tapi tidak tahu belajar dimana? Belajar lebih lanjut tentang pembuatan proposal bisnis bersama Microsoft Skills for Jobs! Dipandu oleh tutor yang mengerti tentang dunia bisnis, kamu akan dengan mudah memahaminya. Akses materinya cukup klik link https://sfj.biji-biji.com/id. Program ini tidak dipungut biaya sama sekali, kemudian kamu juga akan mendapatkan sertifikat setelah penyelesaian pembelajaran!